Alasan Pentingnya Di Wajibkan Kuliah Untuk Karir Masa Depan

Alasan Pentingnya Di Wajibkan Kuliah Untuk Karir Masa Depan

Pada zaman ini terdapat banyak seminar atau workshop yang mendatangkan seseorang yang bisa sukses tanpa pendidikan yang tinggi, dari hal tersebut seringkali disalah artikan. Pemikiran yang salah yang muncul ialah "buat apa kita sekolah tinggi-tinggi, bahkan sampai kuliah, kalau kita bisa sukses tanpa kuliah." 

Bagaimanapun jika sukses bisa diraih tanpa pendidikan yang tinggi, itu hanya berlaku bagi segelintir orang dengan usaha keras yang jauh di atas rata-rata. Itupun juga masih didukung lagi dengan kesesuian antara usaha dan niat. Oleh karena itu kita diwajibkan kuliah tidak hanya untuk meraih kesukesan saja, namun kuliah juga untuk menambah keterampilan/Bakat, Pengetahuan dan wawasan yang akan menunjang karir kamu.

Ilustrasi suasana kuliah
Ilustrasi suasana kuliah


Mengapa Kuliah Saat Ini Sangat DiWajibkan? Ini Alasan Pentingnya




1. Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan Dalam Berkerja

 Sistem pendidikan pada tingkat SMA, MA, SMK atau sekolah kejuruan lainnya saat ini, pendidikannya masih relaitf umum, dan jika dilihat dari sisi ketrampilan dan pengetahuan masih belum siap kerja. Untuk itu kuliah berproses mengembangkan ketrampilan dan kemampuan yang telah didapatkan di bangku sekolah tingkat menengah.

Bagi lulusan SMA/ MA yang mau fokus orientasi berkerja atau wiraswasta, kuliah mengambil jalur akademis/Sarjana (S1) adalah pilihan yang tepat, Sedangkan untuk lulusan SMK/ sekolah kujuruan lain, plihan yang tepat ialah kuliah di jalur vokasi/Diploma (D3) sangat tepat karena orientasinya pada ketrampilan kerja praktis yang sudah diperoleh dari sekolah kejuruan sebelumnya.


2. Kuliah Menjadi Standar Pendidikan Rendah

 Zaman akan selalu berubah, pada dahulu kuliah dan mendapatkan gelar sarjana adalah hal yang luar biasa di mata masyarakat, tapi sekarang sudah biasa karena jumlah sarjana sudah banyak. Hampir pada semua lowongan kerja yang ada saat ini sudah menggunakan standar minimal ijazah-nya ialah sarjana atau diploma, itupun banyak juga dari mereka yang masih belum mendapatkan pekerjaan alias menganggur. Apa tidak terbayang, yang sudah lulus kuliah saja bisa menganggur lalu bagimana yang pendidikannya hanya sampai SMA/SMK? itulah alasan mengapa kuliah itu sangat penting.


3. Membangun Jaringan Yang Lebih Luas Dikampus

Ketika kamu sudah kuliah kamu akan bertemu yang namanya Teman, kakak senior, adik kelas, dosen dan yang lainnya Itu akan menjadi koneksi kamu. Pada dasarnya sama seperti ketika kamu saat berada di sekolah menengah sebelumnya, akan bertemu dengan teman dan guru, tetapi lebih banyak koneksi maka akan lenih bagus. Dengan banyaknya jumlah koneksi kamu, dapat membuka peluang karis dan bisnis.


4. Menjadikan Pola Pikir Pribadi Seorang Lebih Dewasa

Dalam perkuliahan, mahasiswa bukan hanya belajar materi kuliah yang diberikan untuk mendapatkan nilai dan ijazah. Namun dalam Pergaulan antar mahasiswa di kehidupan kampus ini juga dapat mengembangkan kepribadian kita dan merubah sudut kita pandang terhadap sesuatu ke arah yang lebih baik. Saat berkerja seringkali, orang yang kuliah dapat menyelesaikan masalah dengan kepala dingin,

Seringkali, saat bekerja nantinya, orang yang kuliah lebih mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, memandang masalah dari berbagai sudut pandang dan juga lebih mampu memikirkan berbagai jalan keluar atau solusi setiap masalah dibandingkan dengan orang yang tidak pernah kuliah.


5. Sarana Untuk Meraih Pendidikan yang Lebih Tinggi

Sistem perkuliahan yang ada di Indonesia yaitu Jenjang awal dimulai dari strata 1, lalu  2 dan sampai ke level doktor atau strata 3. Bagi anda yang bercita-cita menjadi doktor, Berkuliah adalah jalan satu-satunya, jalanilah kuliah setahap demi setahap mulai dari S1 lalu ke tingkat berikutnya.

Awas, Hindarilah Alasan Melanjutkan Kuliah Yang Keliru Berikut


 
Biaya untuk kuliah itu tidaklah murah, apalagi kuliah di kampus swasta. Untuk sebagian orang bisa kuliah itu adalah hal yang istimewa, karena penghasilan orang tua yang pas-pasan.
Agar kamu tidak membuang banyak waktu dan biaya untuk kuliah, maka, hindarilah beberapa alasan orang kuliah yang keliru sebagai berikut:


1. Kuliah Hanya Ikut-Ikutan Teman  atau Sekedar Gengsi

Banyak siswa SMA/SMK ketika lulus itu tidak punya tujuan yang jelas. Mereka bingung harus kerja atau kuliah, jika kuliah mereka juga bingung akan kuliah dimana, jurusan apa lalu impiannya bagaimana. Adanya kondisi yang seperti ini membuat mereka hanya sekedar ikut-ikutan teman untuk kuliah.

Sebagian pada orang yang sedikit punya uang, kuliah bisa menjadi ajang gengsi. Mereka berkuliah di kota besar, kampus yang mewah namun mereka tidak mempunyai tujuan jelas bidang yang akan ditekuninya. Mereka hanya sekedar mencari sensasi jalan bareng teman sekampusnya. Hindarilah kondisi seperti ini. Calon Mahasiswa serta orang tua harus banyak berdiskusi terkait kuliah dan karir masa depan.


2. Kuliah Karena Paksaan Orang Tua

Biasanya orang tua sudah mempunyai pandangan tertentu tentang harus bagaimana masa depan anaknya. Orang tua biasanya sering mengarahkan anaknya ke bidang profesi yang keren menurutnya, seperti : Dokter, Insinyur, Banker dan sebagainya. Apalagi jika orang tuanya bisa sukses dalam bidang tersebut. Tetapi, orang tua harulah ingat bahwa anaknya bisa saja berbeda keinginan dan keahlian dengan orang tuanya. Memaksakan anak untuk bisa menjadi apa yang orang tua harapkan hanya akan membuat anak menjadi stres dan bisa gagal dalam kuliahnya.


3. Kuliah Karena Alasan Ingin Hidup Bebas, Malas Bekerja

Masa remaja seperti lulusan SMK/SMA sangat identik dengan berbagai kondisi mental yang rawan terhadap godaan untuk menyimpang dari aturan. Jadi orang tua haruslah lebih peka terhadap perubahan kondisi anaknya. Anak kuliah yang tidak jelas arah tujuannya bisa saja terpengaruh oleh beberapa alasan yang tidak masuk akal seperti ingin hidup bebas, malas bekerja dan lain sebagainya. Jika memang alasan ini yang menjadikan kamu memutuskan untuk kuliah seberapa lamapun kuliah, kamu tidak akan pernah bisa menjadi sarjana.

0 Response to "Alasan Pentingnya Di Wajibkan Kuliah Untuk Karir Masa Depan"

Posting Komentar

Blog ini dilindungi oleh DMCA