Perbedaan Teks Deskripsi, Teks Eksposisi, Teks Eksplanasi

Perbedaan Teks Deskripsi, Teks Eksposisi, Teks Eksplanasi

Tahukah kamu bahwa teks deskripsi, teks eksposisi, teks eksplanasi merupakan teks yang memiliki beberapa kesamaan. Kebanyakan orang-orang bingung membedakan ketiga jenis teks tersebut karena memiliki beberapa kesamaan yang cukup banyak. Namun, kamu tidak usah khawatir karena kali ini saya akan memberikan perbedaan antara Teks Deskripsi, Teks Eksposisi, Teks Eksplanasi. Simak penjelasan berikut

Untuk mengetahui secara jelas perbedaan antara Teks Deskripsi, Teks Eksposisi, Teks Eksplanasi coba perhatikan contoh teks berikut!

Perbedaan Teks Deskripsi, Teks Eksposisi, Dan Teks Eksplanasi : Bagian 1

 

TEKS DESKRIPSI
Keindahan Gunung Bromo

 

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata yang paling menakjubkan di Indonesia. Terletak di Jawa Timur, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan memikat hati siapa pun yang mengunjunginya.

 

Pertama-tama, keindahan Gunung Bromo terletak pada lanskapnya yang mempesona. Dikelilingi oleh padang pasir yang luas, gunung ini menonjol dengan puncaknya yang aktif dan mengepulkan asap putih. Suara gemuruh dari letusan gunung tersebut menambah nuansa mistis yang mampu memikat mata dan hati pengunjungnya.

 

Selain itu, Gunung Bromo juga menawarkan pemandangan matahari terbit yang luar biasa. Banyak wisatawan yang berdatangan ke sini pada pagi hari untuk menyaksikan keajaiban alam ini. Saat matahari mulai muncul di ufuk timur, langit berubah menjadi kemerahan dan cahaya matahari yang terpancar memantulkan warna-warna yang indah di sekitar gunung. Pemandangan ini sungguh memukau dan tidak terlupakan.

 

Tak hanya itu, Gunung Bromo juga memiliki panorama yang menakjubkan dari atas kawahnya. Pengunjung dapat menaiki tangga menuju puncak gunung untuk melihat keindahan kawah yang terbentuk akibat letusan gunung. Pemandangan ini sungguh menakjubkan dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

 

Tidak hanya keindahannya yang menawan, Gunung Bromo juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kaya. Di sekitar gunung terdapat suku Tengger yang memiliki tradisi dan kepercayaan yang unik. Wisatawan dapat mengenal lebih jauh tentang kebudayaan mereka dan bahkan berpartisipasi dalam upacara adat Tengger yang diadakan secara rutin.

 

Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata alam yang menakjubkan, Gunung Bromo adalah pilihan yang tepat. Keindahannya yang memukau, pemandangan matahari terbit yang luar biasa, panorama kawah yang menakjubkan, serta nilai sejarah dan budaya yang kaya membuat Gunung Bromo menjadi tempat yang tidak boleh dilewatkan. Segera rencanakan perjalanan Anda ke Gunung Bromo dan nikmati keindahannya yang tak terlupakan!

 


 

TEKS EKSPOSISI
Gunung Meletus

 

Gunung meletus merupakan fenomena pembentukan ice volcanoes dan mud volcanoes. Istilah lain yang merujuk bencana tersebut adalah aliran fluida panas dari kedalaman menuju permukaan bumi. 

Gunung meletus terdiri dari beberapa tipe diantaranya stratovolcano, perisai, kaldera, dan cinder cone. Luapan letusan gunung berisi batuan kecil dan tipenya cenderung berubah-ubah sesuai kondisi alam.

Cinder cone diartikan sebagai pecahan batuan kecil dan abu yang keluar dari letusan gunung. Sementara kaldera terbentuk dari adanya ledakan atas gunung yang kemudian terlempar ke permukaan. 

Kaldera memungkinkan terbentuknya cekungan pada suatu gunung setelah meletus. Dalam hal ini sebagai contohnya adalah Gunung Bromo yang memiliki cekungan akibat letusan kaldera di dalamnya. 

Kaldera gunung meletus terdiri dari runtuhan, letusan, erosi hingga resurgent. Sementara retakan atau patahan pada tubuh gunung berapi memanjang sampai puluhan kilometer dari lokasi awal letusan.

Pada akhirnya gunung meletus terjadi karena beberapa faktor yang harus diatasi dengan persiapan matang. Peristiwa tersebut dapat terjadi setiap saat di Indonesia sebab ada banyak gunung aktif. 

 


 

TEKS EKSPLANASI
Gunung Meletus


Gunung meletus merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi karena adanya endapan magma yang ada di bagian perut bumi. Gas di dalam perut bumi tersebut disemburkan dengan kekuatan yang sangat besar. Letusan gunung berapi menjadi salah satu bencana alam yang luar biasa dan amat besar.

Karena gunung berapi tercipta dengan letusan yang amat hebat. Ada banyak sekali gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Adapun beberapa gunung berapi tersebut, seperti Gunung Merapi, Gunung Krakatau, Gunung Tambora, Gunung Toba, Gunung Kerinci, dan masih banyak lagi gunung berapi yang lainnya.

Dikarenakan adanya hubungan dengan batas lempeng bumi secara langsung, maka sebagian aktivitas gunung berapi berkaitan erat dengan zona kegempaan yang terbilang aktif. Di antara tanda yang dapat dikenali sebelum sebuah gunung berapi meletus adalah adanya aktivitas misalnya perubahan suhu dan tekanan yang cukup tinggi di batas lempeng bumi tersebut.

Hal tersebut menyebabkan ada berbagai material berupa batuan di sekitar gunung merapi yang meleleh. Secara umum, batuan yang meleleh tersebut dikenal dengan magma atau cairan pijar. Material yang terdapat di sekitarnya akan di instruksi oleh magma tersebut melalui rekahan yang mendekati bagian permukaan bumi. Cairan pijar atau magma tersebut terbentuk di dalam bagian perut bumi lantaran di dalam suhunya sangat panas. Lalu, dengan adanya material-material tersebut, maka akhirnya gas akan dikirimkan sehingga menjadi tercampur dengan magma.

Pembentukan magma ada pada kedalaman sekitar 60 sampai dengan 120 km di bawah permukaan bumi. Kemudian di sekitar kawah ada sebuah magma yang memiliki kandungan gas. Letak magma tersebut ada pada bawah tekanan batu-batuan.

Akibat dari tekanan itulah gunung meletus terjadi dan mengeluarkan magma. Kemudian, magma yang dikeluarkan oleh gunung meletus mengalir dan keluar dari bagian perut gunung menuju ke permukaan bumi. Magma dan gas tersebut meledak di dalam waktu yang bersamaan.

Kemudian menimbulkan lubang yang disebut dengan lubang utama. Dari lubang tersebut, umumnya terdapat banyak material vulkanik yang dimunculkan. Dan saat semburannya selesai, maka area puncak gunung berapi akan nampak layaknya mangkuk yang merupakan kawah. Sementara lubang utamanya ada di bagian dasar kawah tersebut.

Letusan gunung berapi sendiri menyebabkan dampak positif serta negatif sekaligus untuk masyarakat dan kehidupan di bumi. Dampak positif dari letusan tersebut adalah menjadikan tanah pertanian semakin subur. Di samping itu, material yang dihasilkan dari perut bumi bisa dijadikan sebagai mata pencaharian masyarakat setempat.

Biasanya itu akan dipakai untuk sumber daya air dan juga wisata alam energi panas bumi. Sementara, dampak negatif dari letusan gunung berapi tersebut dapat memberikan efek langsung ataupun tidak langsung bagi masyarakat sekitar. Efek langsung yang dimaksud adalah marabahaya dan juga ancaman bagi makhluk hidup.

Hal itu dikarenakan gunung meletus dapat mengeluarkan zat beracun, jatuhan piroklastik dan juga awan panas. Sementara efek atau dampak tidak langsung ditimbulkannya adalah hujan lahar, area perkebunan menjadi rusak, dan menimbulkan beberapa jenis penyakit, seperti saluran pernapasan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sampai hari ini di antaranya bencana yang cukup mengerikan bagi masyarakat adalah gunung meletus. Kehebatan dari letusan gunung berapi juga dapat memecah pulau dan juga menciptakan danau.


Perbedaan Teks Deskripsi, Teks Eksposisi, Dan Teks Eksplanasi : Bagian 2

 

TEKS DESKRIPSI
Rumah Tongkonan

 

Tongkonan adalah warisan rumah adat Sulawesi Selatan. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. Rumah adat ini dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu rumah tongkonan menjadi tempat bangsawan Toraja berkumpul untuk berdiskusi.

 

Rumah ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, kekuasaan adat, sekaligus perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Toraja. Atap Rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu atau tanduk kerbau. Atapnya tersusun dari bambu. Di bagian depan terdapat deretan dekorasi sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan. Atapnya ditutupi dengan ijuk hitam. Bagian bawah rumah biasanya digunakan sebagai kandang kerbau. Bagian dalam rumah dijadikan tempat tidur dan dapur. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran ini bermotif garis-garis lengkung yang harmonis.

 

Perbedaan jumlah ruangan suatu Tongkonan mengandung makna sosial dan ekonomi. Semakin banyak ruangannya, semakin tinggi kedudukan Tongkonan tersebut. Posisi atau letak tangga dan pintu disesuaikan dengan konsep kepercayaan masyarakat Toraja. Selain itu, pola hias yang ada pada tongkonan juga mengandung makna sosial, ekonomi, dan religius magis terutama yang berhubungan dengan realitas kehidupan masyarakat Toraja.

 

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan adalah warisan budaya yang perlu kita jaga.

 


TEKS EKSPOSISI
Wayang Golek

 

Kehadiran wayang golek tidak dapat dipisahkan dari wayang kulit karena wayang golek merupakan perkembangan dari wayang kulit. Namun demikian, Salmun (1986) menyebutkan bahwa pada tahun 1583 Masehi Sunan Kudus membuat wayang dari kayu yang kemudian disebut wayang golek yang dapat dipentaskan pada siang hari.

 

Kelahiran wayang golek diprakarsai oleh Dalem Karang Anyar (Wiranata Koesoemah III) pada masa akhir jabatannya. Waktu itu Dalem memerintahkan Ki Darman (penyungging wayang kulit asal Tegal) yang tinggal di Cibiru, Ujung Berung, untuk membuat wayang dari kayu. Bentuk wayang yang dibuatnya semula berbentuk gepeng dan berpola pada wayang kulit. Namun, pada perkembangan selanjutnya, atas anjuran Dalem, Ki Darman membuat wayang golek yang membulat tidak jauh berbeda dengan wayang golek sekarang.

 

Ada tiga jenis wayang golek, yaitu: wayang golek cepak, wayang golek purwa, dan wayang golek modern. Wayang golek papak (cepak) terkenal di Cirebon dengan ceritera babad dan legenda serta menggunakan bahasa Cirebon. Wayang golek purwa adalah wayang golek khusus membawakan cerita Mahabharata dan Ramayana dengan pengantar bahasa Sunda sebagai. Sedangkan, wayang golek modern seperti wayang purwa (ceritanya tentang Mahabarata dan Ramayana, tetapi dalam pementasannya menggunakan listrik untuk membuat trik-trik).

 

Wayang golek sebagai suatu kesenian tidak hanya mengandung nilai estetika semata, tetapi meliputi keseluruhan nilai-nilai yang terdapat dalam masyarakat pendukungnya. Nilai-nilai itu disosialisasikan oleh para seniman dan seniwati pedalangan yang mengemban kode etik pedalangan antara lain : Mendidik masyarakat, Juru penerang, mengukuhi jiwa gotong-royong, menjaga kepribadian sendiri dan bangsa, dan  tunduk, taat, serta menghormati hukum Republik Indonesia.


TEKS EKSPLANASI
Tari Kecak

 

Tari kecak merupakan seni tari tradisional yang berasal dari Bali. Tarian ini dibawakan oleh puluhan penari laki-laki atau lebih dengan cara duduk melingkar sambil menyerukan "cak cak cak" dengan irama tertentu serta mengangkat kedua lengan.

 

Tari kecak ditampilkan oleh puluhan penari pria yang bertelanjang dada dan mengenakan kain bermotif kotak-kotak khas Bali dari pinggang sampai ke lutut.

 

Penjelasan Sebab Akibat

Tari kecak pertama kali diciptakan oleh Wayan Limbak, seorang penari asal Bali, dan Walter Spies, seorang pelukis asal Jerman. Kedua tokoh tersebut menciptakan Tarian kecak pada 1930-an.

 

Tarian tradisional Bali ini diciptakan berdasarkan ritual Sanghyang serta beberapa bagian dari cerita Ramayana. Tari kecak juga dikenal dengan nama Rangrang Sanghyang.

 

Ritual Sanghyang adalah pertunjukan tarian di mana penarinya dalam keadaan tidak sadar atau kesurupan. Pada kondisi ini, mereka berkomunikasi dengan ruh para leluhur kemudian menyampaikan harapan-harapannya.

 

Pertunjukan tari kecak membawakan cerita yang diambil dari kisah Ramayana. Seruan "cak cak cak" yang dilantunkan oleh penari-penari pria sambil mengangkat kedua tangan adalah gambaran satu di antara peristiwa dalam kisah Ramayana.

 

Peristiwa di mana barisan kera memberikan bantuan kepada Rama untuk melawan Rahwana. Di pertunjukan tari kecak, penonton disuguhi nuansa sakral sekaligus mistis melalui pernak-pernik seperti bunga kamboja, gemerincing gelang, topeng, hingga bara api.

 

Tari kecak diciptakan sebagai seni yang mengandung ritual dan bernilai spiritual. Keindahan gerakan yang berpadu dengan seruan berirama oleh para penarinya membuat pertunjukan ini menjadi satu di antara daya tarik utama wisata budaya Bali.


Kesimpulan

Nah, dari beberapa contoh teks tersebut, bisa kita simpulkan bahwa Teks Deskripsi, Teks Eksposisi, Teks Eksplanasi memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan yang masih bisa terihat jelas, lebih lanjutnya bisa kamu lihat pada tabel berikut!

 

Unsur Teks

Teks Deskripsi

Teks Eksposisi

Teks Eksplanasi

1.      Isi teks

berisi penggambaran suatu objek, baik makhluk hidup, benda, tempat, atau peristiwa secara terperinci

 

informasi secara objektif, jelas, dan padat

penjelasan mengenai suatu fenomena alam atau peristiwa sosial

2.      Cara penyampaian

Menggambarkan/melukiskan objek dengan rinci

 

Menjelaskan objek

Menceritakan objek

3.      Ciri umum

·         menggambarkan secara konkret

·         Penjelasan secara mendetail dan melibatkan panca indera

·         Berusaha membuat pembaca dan pendengar merasakan adegan atau peristiwa di dalam teks

 

·         singkat, jelas, padat, dan lugas berbahasa sesuai ejaan (baku).

·         bahasa yang meyakinkan dan menarik agar pembaca tertarik dengan pendapatnya.

·         Bersifat informatif, objektif, logis.

 

·         Bersifat ilmiah

·         Bersifat informatif faktual.

·         Adanya urutan penyampaian (sequence makers)

4.      Fakta/opini

Ada jenis deskripsi yang berdasarkan fakta dan berdasarkan opini penulis

Berdasarkan fakta yang disertai argumentasi dari penulis

 

Berdasarkan fakta

5.      Struktur teks

1.      identifikasi,

2.      deskripsi bagian,

3.      simpulan/kesan.

1.      tesis,

2.      argumen,

3.      penegasan ulang.

1.      pernyataan umum,

2.      urutan sebab akibat,

3.      dan interpretasi penulis.

4.       

 

0 Response to "Perbedaan Teks Deskripsi, Teks Eksposisi, Teks Eksplanasi"

Posting Komentar

Blog ini dilindungi oleh DMCA